Buat kamu yang suka telur wajib baca ini



Jika kita membicarakan telur, yang langsung terbayang oleh kita adalah telur ayam. Karena pada kenyataannya yang sering kita temui dalam pola makan kita adalah telur ayam.
Ada beberapa telur selain ayam yang bisa kita konsumsi, seperti telur bebek, angsa dan telur puyuh. Semuanya itu sama-sama sangat bergizi, dan sangat terkenal sebagai sumber protein yang mudah ditemukan.
Tapi, tahukah anda bila telur kaya dengan omega-3, antioksidan, dan dapat mencegah stroke? Lalu, kita tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi telur karena tinggi akan kolesterol?
Mari kita lihat fakta kesehatan tentang telur yang jumlah konsumsinya terhitung tinggi dibeberapa negara di dunia.


1. Tinggi Protein

Hampir semua orang tahu bahwa telur sangat tinggi protein, dan termasuk salah satu makanan sumber protein yang mudah ditemukan.
Selain itu, telur termasuk makanan dengan jumlah konsumsi tinggi di beberapa negara di dunia. Bisa dikatakan bahwa tubuh manusia dibangun dan dibentuk oleh protein, maka tidak heran bila kita dianjurkan mengkonsumsi makanan berprotein lebih banyak.
Itulah mengapa telur termasuk makanan dengan jumlah konsumsi tinggi, karena merupan salah satu sumber protein yang mudah ditemukan.
Telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh manusia dan telur berkualitas mengandung banyak protein yaitu sekitar 6 gram.
Telur adalah sumber protein hewani yang bagus untuk tubuh manusia. Selain itu, mengkonsumsi protein yang memadai akan membantu menurunkan tekanan darah, membentuk otot dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang.



Jika anda berencana melakukan program penurunan berat badan, akan sangat baik mengkonsumsi banyak protein. Selain protein dari buah dan sayuran, anda bisa memanfatkan protein yang didapat dari telur dengan mengkonsumsi putih telurnya saja untuk membantu menurunkan berat badan anda.

2. Rendah Kalori

Inilah alasan mengapa telur sangat cocok dikonsumsi untuk melakukan program diet atau menurunkan berat badan.
Selain tinggi protein, telur sangat rendah kalori dan akan mempertahankan rasa kenyang anda. Akan lebih baik lagi jika memasukan telur kedalam menu sarapan anda di pagi hari, dan dimasak dengan cara direbus akan menambah manfaat kesehatan yang didapatkan oleh tubuh.


3. Tinggi Kolin
Kolin adalah nutrisi penting bagi tubuh yang fungsinya membangun selaput sel dan berperan penting dalam memproduksi molekul yang mengatur sinyal pada otak.
Kolin ini sering dikelompokan kedalam vitamin B, dan dalam satu telur utuh terdapat sekitar 100 mg nutrisi dari kolin itu sendiri.


4. Tinggi Kolesterol

Faktanya, telur memang tinggi akan kolesterol. Dalam satu telur utuh mengandung sekitar 212 mg kolesterol dari 300 mg yang dibutuhkan tubuh per hari.
Namun, kolesterol dalam telur ini tidak mempengaruhi kolesterol darah, tetapi merupakan kolesterol yang baik bagi tubuh. Bahkan, dalam kasus ini telur membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.
Selain itu, asupan nutrisi dari telur membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab risiko penyakit jantung.
Dengan meningkatnya kadar HDL dan menurunnya kadar LDL dalam tubuh, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan berbagai masalah kesehatan lainnya. 


5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain dari protein, telur kaya akan omega-3. Ini membantu tubuh anda dalam menurunkan kadar trigliserida dalam darah yang merupakan salah satu faktor penyebab risiko penyakit jantung.
Meskipun semua telur sama, tetapi nutrisi dan kadar asam lemak omega-3 mereka akan lebih tinggi bila dihasilkan dari ayam yang dibesarkan di padang rumput.
Selain itu, telur merupakan salah satu pendorong untuk mengurangi risiko penyakit jantung jika dipadukan dengan diet rendah karbohidrat bagi penderita diabetes. Namun, dari beberapa penelitian ada yang mengatakan telur akan meningkatkan risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes tingkat lanjut.


6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ketika umur manusia semakin tua, kesehatan mata dan penglihatan cenderung semakin memburuk.
Lalu, mengapa telur masuk kedalam kategori makanan yang membantu kesehatan pada mata? 
Hal yang belum diketahui banyak orang, bahwa telur mengandung antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin.
Yaitu nutrisi yang membantu menangkal proses degenertatif penyebab penuaan dan merupakan antioksidan yang terbentuk di retina mata.
Selain itu, telur tinggi vitamin A yang menjaga kesehatan mata, mencegah degenerasi makula dan katarak.
Kesimpulannya, telur adalah makanan yang tinggi protein yang membantu dalam pembentukan otot, rendah kalori untuk menjaga berat badan, tinggi kolin yang berfungsi dalam membangun selaput sel serta kesehatan otak, tinggi kolesterol dalam meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat bagi tubuh (LDL) yang menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
Selain itu, tinggi akan vitamin A dan antioksidan yang menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Tak diragukan lagi, telur adalah makanan yang sangat bergizi.