Manfaat Daun Pepaya Ampuh Meningkatkan Jumlah Trombosit Pasien DBD


Musim pancaroba sudah mulai terasa. Panas yang menyengat kulit tetapi sesekali angin berhembus cukup sejuk menjadi pertanda awal pergantian musim itu sedang berlangsung.
Kondisi demikian tak jarang membuat imun tubuh lemah. Alhasil, virus penyakit mudah menyerang. Tak hanya itu, perkembangbiakan nyamuk pun semakin tinggi. Risiko demam berdarah pun terjadi.
Yang perlu diperhatikan kalau sudah begitu adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal. Jangan memberikan ruang untuk jentik nyamuk berkembangbiak. Selalu membersihkan rumah secara rutin. Yang terpenting, tetap jaga kesehatan tubuh.
Pencegahan memang penting, tapi bagaimana kalau sudah terdiagnosa demam berdarah? Tindakan awal apa yang bisa dilakukan?
Ternyata, selain mengonsumsi jus jambu biji, Anda juga bisa mengonsumsi daun pepaya. Sebab, daun itu dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit Anda yang hilang untuk melawan demam berdarah dan penyakit lainnya.
Seperti dilansir dari laman Times of India, daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan kuat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut penelitian, ekstrak daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah. Penelitian ini dilakukan pada 400 pasien, di mana sebagian mendapat pengobatan standar untuk demam berdarah dan sebagiannya lagi berada dalam kelompok kontrol, menerima dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet.
Hasilnya, ditemukan bahwa pasien dalam kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang meningkat selama terapi pepaya dan memiliki lebih sedikit efek samping. Mereka juga tidak memerlukan transfusi darah.
Tak sedikit pakar kesehatan yang merekomendasikan jus daun pepaya ini sebagai obat yang efektif mengobati demam berdarah. Selain mengobati, ekstrak daun pepaya pun diklaim bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang ditularkan ke dalam darah, seperti demam tinggi, ruam kulit, dan penurunan jumlah trombosit.
Berikut resep cara membuat jus daun Pepaya
* 2 helai daun pepaya dibersih-kan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain
* Maka akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun
Takarannya 2 sendok makan 
   1 kali sehari
* Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas khasiatnya akan hilang
* Ingat
 Hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.
* Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus  diminum.
Pengalaman  tentang juice daun pepaya mentah ini didapat dari  seseorang dengan kondisi yang sangat parah..





sumber : tribunnews.com ,
                alodokter.com